Minggu, 15 April 2012

aisatsu (salam)(bahasa jepang x)

Selamat pagi semua!!! Akhirnya tugas matpel saya udah clear tinggal menghadapi MOO saja. Hari yang berbahagia ini saya berikan rangkuman materi bahasa jepang kelas X semester 1 Full. Ini saya buat sendiri waktu ini karena diberikan tugas oleh guru, padahal sebenarnya saya disuruh buat karangan bukan rangkuman (oon bgt)... saya mengerjakannya dari jam 6 sore sampai jam 10 malam, namun pada akhirnya saya membuat karangan disekolah tak samapai 10 menit udah selesai (aduh jelek nasibe...). Okelah berikut ini cuplikan File word Yang bisa kalian download:

AISATSU (Salam)
Kosakata :
A.    Salam Sapaan
·         Ohayou gazaimasu dibaca ohayou gozaimas = Selamat pagi
·         Konnichiwa dibaca kongnichiwa = Selamat siang
·         Konbanwa dibaca kombanwa = Selamat malam
·         Oyasuminasai = Selamat tidur
B.     Salam Perpisahan
·         Sayounara = Selamat tinggal
·         Dewa mata = Sampai nanti
·         Mata ashita dibaca mata ashta = Sampai jumpa besok
·         Mata raishuu = Sampai jumpa minggu depan
C.    Menanyakan Kabar
·         Ogenki desu ka = Apakah kamu sehat? (partikel ka digunakan pada kalimat tanya)
Hai, genki desu = Ya, saya sehat. ( hai, genki desu digunakan untuk menjawab pertanyaan ogenki desu ka)
·         I kaga desu ka = Apa kabar?
·         Ohisashiburi desu ne = Sudah lama tak berjumpa. (digunakan sebelum menanyakan kabar)
·         Okage sama de genki desu = Berkat doa anda saya sehat. (digunakan untuk menjawab kabar dari orang yang dihormati)
D.    Ucapan salam lainnya
·         Sumimasen = Maaf
·         Doumo = Terimakasih (untuk orang seumuran)
·         Arigatou gozaimasu = Terimakasih (untuk orang yang lebih tua)
·         Iie = Tidak (dalam hubungan sumimasen berarti tidak apa-apa)

0 komentar:

Posting Komentar