Minggu, 15 April 2012

rangkuman (sosiologi x)

Tindakan : Perbuatan manusia dengan maksud dan tujuan tertentu. Tindakan merupakan hasil dari proses belajar. Umumnya setiap manusia akan bertindak berdasarkan akal. Ia akan melakukan seleksi terhadap berbagai alternatif untuk mencapai tujuan seoptimal mungkin.
Tindakan mempunyai hubungan erat dengan kehidupan bermasyarakat.Seseorang berhubungan dengan orang lain melalui tindakan.
interaksi sosial : Hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok maupun orang dengan kelompok.
interaksi sosial : Merupakan hubungan yang tertata dalam bentuk tindakan yang didasarkan pada nilai dan norma social yang berlaku dalam masyarakat.
proses interaksi sosial : dapat berlangsung karena beberapa factor antara lain :
- IMITASI ( peniruan ) : Proses belajar dengan mengikuti atau meniru sikap dan perbuatan orang lain.
- SUGESTI ( anjuran ) : Pemberian pandangan atau anjuran tertentu dengan maksud untuk meniru atau diikuti orang lain tanpa berpikir panjang.
- IDENTIFIKASI : Kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain.
- SIMPATI : Kecenderungan untuk merasa diri solah olah berada dalam keadaan orang lain.
syarat interaksi sosial : adanya kontak dan komunikasi.
- Kontak social merupakan aksi individu atau kelompok yang mempunyai maksud bagi pelakunya dan ditangkap oleh individu atau kelompok lainnya.
- Kontak dapat dibedakan menjadi kontak langsung dan tidak langsung.
- Kontak dapat terjadi tiga bentuk “ antar individu – antar kelompok serta individu dengan kelompok.
- Kontak dapat bersifat positif dan negatif
- Kontak dapat dibedakan menjadi kontak primer dan skunder.
- Komunikasi : Tafsiran seseorang akan prilaku yang disampaikan.
Dalam menjalankan kehidupan social, manusia melaksanakan interaksi social dengan manusia lainnya dalam struktur permanen social dan berdasarkan kedudukan dan peranan yang dimilikinya.
Kedudukan dan peranan seseorang dalam berinterkasi berdasarkan pada nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Oleh karena itu setiap masyakat memiliki pola pola interaksi yang berbeda beda.

0 komentar:

Posting Komentar